Jelaskan perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan yang terjadi di dalam masyarakat Berdasarkan ada tidaknya perencanaan perubahan?

Perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan yang terjadi di dalam masyarakat
Berdasarkan ada tidaknya perencanaan perubahan
a. Perubahan yang dikehendaki (intended-change)
Perubahan yang dikehendaki (intended-chanege) atau perubahan yang direncanakan (planned-change) merupakan perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihakpihak yang hendak mengadakan perubahan di dalam masyarakat. Pihak-pihak yang menghendaki perubahan dinamakan agent of change, yaitu seseorang atau sekelompok orang yang mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai pemimpin satu atau lebih lembagalembaga kemasyarakatan.
Contoh:
1. Perubahan sistem pemerintahan yang sentralistik menjadi desentralistik pada orde reformasi. Bila sebelumnya semua kekuasaan berada di tangan pemerintah pusat sekarang ini telah terbagi ke daerah-daerah dengan adanya otonomi daerah. Perubahan ini sangat dikehendakimasyarakat untukmempercepat pembangunan di daerahnya masing-masing.

2. Perubahan dalam sistem pemilu pada masa orde reformasi sangat
berbeda denganmasa orde baru. Bila sebelumnya di Indonesia hanya boleh ada tiga partai politik, pada saat sekarang masyarakat boleh   mendirikan partai politik baru untuk bisa menyalurkan aspirasinya lewat parpol itu. Begitu juga dalammemilihwakil rakyat yang akan duduk di DPR, DPRD Tingkat I dan DPRD Tingkat II, bila sebelumnya hanya memilih partai, saat sekarang ini memilih partai dan juga orangnya sekaligus. Dalam memilih Presiden dan wakil Presiden, bila sebelumnyamelalui perwakilan diMPR saat sekarang ini rakyat bisa memilih secara langsung

b. Perubahan-perubahan sosial yang tidak dikehendaki (unintended-change)
Perubahan-perubahan sosial yang tidak dikehendaki (unintendedchange)vatau perubahan yang tidak direncanakan (unplannedchange),vmerupakan perubahan-perubahan yang terjadi tanpavdikehendaki serta berlangsung di luar jangkauan pengawasanvmasyarakat dan dapatmenyebabkan timbulnya akibat-akibat sosial yangvtidak diharapkan oleh masyarakat. Apabila perubahan yang tidakvdikehendaki tersebut berlangsung bersamaan dengan suatu perubahanvtersebut mungkin mempunyai pengaruh yang demikian besarnyavterhadap perubahan-perubahan yang dikehendaki, sehingga keadaanvtersebut tidakmungkin diubah tanpa mendapat halangan-halangan darivvvmasyarakat itu sendiri

Contoh:
1. Urbanisasi yang terjadi di kota-kota besar pada awalnya membawavperubahan besar bagi kota yang didatangi. Pembangunan dapatvberjalan lancar karena banyak tenaga kerja dari desa berdatangan.vNamun lambat-laun urbanisasi yang tidak terkontrol membawavperubahan yang tidak dikehendaki sebelumnya. Banyaknyavpenduduk di kotamengakibatkan permasalahan di bidang perumahan,vakibatnya timbullah pemukiman kumuh bagi penduduk yang tidakvmampu membeli atau menyewa rumah yang layak. Pemukimanvkumuh ini dapat menimbulkan bencana banjir.

2. Terjadinya bencana alam seperti: banjir, tanah longsor, tsunami, gunung meletus serta kebakaran hutan mengakibatkan kehidupan sosial, ekonomi masyarakat terganggu. Kejadian bencana alam termasuk perubahan yang tidak dikehendaki.

0 Response to "Jelaskan perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan yang terjadi di dalam masyarakat Berdasarkan ada tidaknya perencanaan perubahan?"

Posting Komentar