Jelaskan Perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan yang terjadi di dalam masyarakat berdasarkan kecepatan perubahan?

Berdasarkan kecepatan perubahan
a. Evolusi
Evolusi yaitu perubahan-perubahan yang memerlukan waktu yang lama, di mana terdapat suatu rentetan perubahan-perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Pada evolusi, perubahan-perubahan terjadi dengan sendirinya, tanpa suatu rencana ataupun suatu kehendak tertentu. Perubahan-perubahan tersebut terjadi oleh karena usaha-usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan-keperluan, keadaan-keadaan dan kondisi-kondisi baru, yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat. Sebagai contohmasyarakat di Sumatra dan Kalimantan yang hidup dari berburu dan ladang berpindah, sekarang tidak mungkin lagi hidup dengan cara seperti itu. Berbagai peristiwa kebakaran hutan dan banyaknya hewan buruan yang mati menyebabkan mereka harus menyesuaikan diri dengan bercocok tanam secara menetap. Adanya program transmigrasi yang memindahkan penduduk dari Pulau Jawa ke Sumatra, Kalimantan ataupun ke Papua sangat membantu penduduk asli mengenal pertanian secara menetap.

Revolusi
Sejarah modern mencatat dan mengambil rujukan revolusi mulamula pada Revolusi Perancis, kemudian Revolusi Amerika. Namun, Revolusi Amerika lebih merupakan sebuah pemberontakan untuk mendapatkan kemerdekaan nasional, ketimbang sebuah revolusi masyarakat yang bersifat domestik seperti pada Revolusi Perancis. Begitu juga dengan revolusi pada kasus perang kemerdekaan Vietnam dan Indonesia.

Di dalam revolusi, perubahanperubahan yang terjadi dapat direncanakan terlebih dahulu maupun tanpa rencana. Sebenarnya ukuran kecepatan suatu perubahan yang dinamakan revolusi, sifatnya relatif, oleh karena suatu revolusi dapat memakan waktu yang lama, sepertimisalnya revolusi industri yang dimulai di Inggris. Revolusi yang terjadi di Indonesia waktu itu adalah revolusimelawan penjajahan Belanda yang puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia menyatakan kemerdekaannya, dan melepaskan diri dari belenggu dari bangsa yang terjajahmenjadi bangsa yangmerdeka, sistem pemerintahan pun berubah seketikamenjadiRepublik Indonesia dengan   Kepala Negara pertama Ir. Soekarno sebagai presiden

0 Response to "Jelaskan Perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan yang terjadi di dalam masyarakat berdasarkan kecepatan perubahan?"

Posting Komentar