Apa saja alat yang digunakan manusia purba pada masa berburu?

Alat-alat yang digunakan manusia purba pada saat itu adalah sebagai berikut.
  1.  Kapak perimbas, digunakan untuk menguliti binatang hasil berburu, merimbas kayu, dan memecah tulang.
  2. Alat serpih, digunakan sebagai gurdi, penusuk, dan sebagai pisau.
  3.  Kapak genggam awal, digunakan untuk menggali ubi dan memotong binatang hasil berburu.

Bagaimana sistem kehidupan manusia purba  pada masa bercocok tanam?
Sistem kehidupan manusia pada masa bercocok tanam sudah mulai tinggal menetap di suatu perkampungan. Kebutuhan mereka juga makin luas, misalnya kebutuhan akan makanan dan pakaian. Untuk memenuhi kebutuhan makanan, mereka bercocok tanam dengan cara berhuma, yaitu dengan menebangi hutan dan menanaminya (bercocok tanamsederhana)

Jelaskan Masa Perundagian?
Pada masa perundagian, manusia mulai mengenal teknologi pertukangan. Mereka telah mampu mengolah logam, terutama perunggu dan besi. Kemampuan mengolah logam hanya dapat dikerjakan oleh orang yang ahli (undagi). Oleh sebab itu, masa ini dikenal dengan masa perundagian.

Apa saja alat-alat  perunggu yang dihasilkan pada masa manusia purba?
Alat-alat dari perunggu yang dihasilkan pada masa ini ialah nekara, kapak, bejana, dan arca-arca. Alat-alat dari besi yang dihasilkan antara lain mata kapak, mata sabit, mata pisau, mata tembilang, mata pedang, cangkul, tongkat. Kemahiran membuat gerabah dan manik-manik pun makin baik. Manik-manik sudah dibuat dari kaca.


Jelaskan Fosil jenis Meganthropusditemukan pada tahun berapa dan dimana?
Fosil jenis Meganthropus, yaitu Meganthropus Palaeojavanicus, ditemukan oleh Von Koenigswald pada tahun 1936 dan 1941 di Sangiran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Manusia purba tertua di Jawa ini diperkirakan hidup antara 2.500.000 sampai 1.250.000 tahun yang lalu. Diperkirakan perawakannya sudah tegap, rahang dan gerahamnya besar, serta tidak berdagu sehingga menyerupai kera. Mereka hidup dari makanan yang terutama berasal dari tumbuh-tumbuhan.

0 Response to "Apa saja alat yang digunakan manusia purba pada masa berburu?"

Posting Komentar