Bagaimana tahap pembuatan peta tematik ?

Bagaimana sebuah peta tematik dibuat? Inilah tahap akhir yang menentukan. Adapun
tahap pembuatan peta tematik contohnya seperti berikut.
  1. Ambil peta dasar dan tempelkan di atas meja datar.
  2. Ambil plastik transparan atau kertas kalkir dengan ukuran lebih besar dari peta dasar, letakkan di atas peta dasar.
  3. Buat bingkai peta, kemudian jiplak peta dasar lengkap dengan batas-batas fisik wilayah seperti daerah aliran sungai (DAS) dengan menggunakan simbol garis seperti ----- dengan spidol berwarna biru; jalan raya, jalan setapak, dan jalan lainnya dengan spidol berwarna merah. Jika ada gambar jalan kereta api, gunakan garis dengan spidol berwarna hitam
  4. Gambarlah batas setiap penggunaan lahan dengan simbol garis tidak terputus.
  5.  Gambarlah simbol wilayah pada tiap penggunaan lahan dengan warna yang sesuai kenyataan. Jika tidak mungkin, gunakan simbol huruf, misalnya hutan dengan    simbol H, pemukiman dengan simbol P.
  6.  Gambarlah simbol-simbol titik dari berbagai objek
  7.  Penulisan huruf pada peta dapat menggunakan rugos atau lettering set toponim. Nama tempat di daratan menggunakan huruf tegak berwarna hitam. Nama yang mewakili perairan seperti sungai, danau menggunakan huruf miring berwarna biru.
  8. Tuliskan komponen peta yang lain, seperti judul peta, koordinat geografi, skala peta, orientasi/arah mata angin, legenda, sumber peta dan tahun terbit, serta pembuat peta terletak di luar garis pinggir peta.


Berikut adalah contoh yang paling sederhana tentang pembuatan sebuah peta tematik secara manual. Misalnya, kita akan membuat peta tematik tentang kepadatan penduduk di Pulau Antua. Di pulau tersebut terdapat tujuh desa. Adapun data  persebaran penduduk di pulau tersebut adalah seperti berikut
 Perhatikanlah contoh penyajian peta tematik berikut ini. Peta ini dibuat temanmu berdasarkan data pada tabel di atas. Perhatikan bahwa penyajian data dapat menggunakan arsiran dan juga titik.






0 Response to "Bagaimana tahap pembuatan peta tematik ?"

Posting Komentar